nusakini.com - Kehilangan Ezechiel N'Douassel memberikan pengaruh terhadap ketajaman Bhayangkara FC yang kembali gagal memetik kemenangan, dan harus puas bermain imbang tanpa gol melawan PSS Sleman di Stadion Manahan, Senin (22/12) malam WIB, pada laga pekan ke-13 Liga 1 2021/22.

Kegagalan mendulang angka penuh itu membuat Bhayangkara FC membuang kesempatan menjauhi Persib Bandung. Bhayangkara FC yang berada di puncak klasemen dengan nilai 29, unggul empat angka dari Persib. Sedangkan PSS tetap di peringkat kesepuluh dengan 16 poin.


PSS dan Bhayangkara FC mengawali pertandingan dengan tempo sedang. Kendati demikian, Bhayangkara FC lebih dulu mengambil inisiatif menyerang, namun masih bisa diamankan barisan belakang PSS dengan baik.

Peluang diperoleh Bhayangkara FC ketika laga memasuki menit ke-13. Dendy Sulistyawan yang menggiring bola dengan kawalan ketat Asryaq Gufron melepaskan tendangan, tapi dapat diblok kiper Miswar Saputra. Selang tiga menit kemudian, Dendy melakukan hal yang sama, dan Miswar kembali melakukan penyelamatan.

PSS mulai keluar dari tekanan Bhayangkara FC. Tuan rumah mendapatkan peluang untuk membuka keunggulan di menit ke-17. Tapi sepakan menyusur tanah yang dilepaskan Nemanja Kojic masih melenceng tipis di sisi kanan gawang.


Bhayangkara FC mencoba memanfaatkan set-piece untuk mengungguli lawannya di menit ke-29. Anderson Salles yang dipercaya sebagai eksekutor tendangan bebas melepaskan tendangan keras, tapi dapat ditinju Miswar.

Menjelang babak pertama berakhir, Bhayangkara FC memberikan ancaman serius memanfaatkan kesalahan di barisan belakang PSS. Tetapi tendangan Andik Vermansah berhasil ditepis Miswas, sehingga skor imbang tanpa gol tetap bertahan.

Permainan antara PSS dan Bhayangkara FC tidak mengalami perubahan di babak kedua. Mereka masih menerapkan permainan terbuka untuk memecah kebuntungan sepanjang paruh pertama.


Seperti halnya di babak pertama, Bhayangkara FC lebih dulu memberikan tekanan hebat ke tembok belakang PSS. Namun pertahanan solid yang dikembangkan tim besutan Antonic Dejan membuat mereka menemui jalan buntu.

Walau begitu, tim Super Elang Jawa masih sempat memberikan ancaman serius, dan nyaris membuka keunggulan. Sayangnya, tendangan Eduardo Junior 'Juninho' Barbosa dari luar kotak penalti mengenai sisi atas mistar gawang.


PSS kembali mendapatkan peluang untuk mengubah papan skor di menit k-74. Memanfaatkan kemelut di pertahanan Bhayangkara FC, Nemanja Kojic melepaskan tendangan, tapi bola sempat dibelokkan Aaron Evans di depan gawang. Hanya saja, reflek penjaga gawang Awan Setho Raharjo mementahkan peluang berbahaya tersebut.

Di waktu tersisa, Bhayangkara FC memberikan tekanan ke pertahanan PSS yang memilih mengendurkan permainan. Kendati demikian, upaya Bhayangkara FC tidak membuahkan hasil, sehingga laga ditutup dengan skor kacamata 0-0. (gi/om)